STOCK TERBATAS !!

Monday, February 1, 2016

Inilah 11 Pondok Pesantren di Indonesia yang bisa dijadikan Rujukan

Menurut Survei : http://sehatisme.com/pondok-pesantren-terbaik/
                          http://1doyannonton.blogspot.co.id/

 Dipost Ulang Oleh :
Ahmad Fikri Nabil
Universitas Hasyim Asy'ari ( UNHASY )
Tebuireng - Jombang

Pondok Pesantren Daar El-Qolam
1Doyannonton - Pondok Pesantren merupakan wadah pendidikan yang mempunyai kurikulum dan sistem terbaik. Tak hanya berbekal ilmu duniawi, pesantren juga mengajarkan kita akan ilmu ukhrawi. Peserta didik akan ditempa secara maksimal dan intensif, dalam pesantren juga diselipkan makna-makna dari kedisiplinan. Untuk itu, wadah pendidikan yang satu ini tidak boleh dipandang sebelah mata.
Banyak orang yang salah kaprah memaknai arti pesantren. Kebanyakan image yang beredar di masyarakat bahwa pesantren itu kuno, radikal, dan sebagainya. Namun ternyata fakta ini dipatahkan oleh banyak orang.
Bahkan, salah satu musisi ternama indonesia, Iwan fals dalam touring religinya (mengelilingi beberapa pesantren) mengatakan bahwasannya pesantren adalah gudangnya seni. Tak sedikit juga anak didikan pesantren yang berhasil memenangkan beberapa olimpiade dan mengalahkan siswa-siswi lainnya yang kebanyakan mereka bersekolah di sekolah umum.
Pondok Pesantren Husnul Khotimah misalnya, PonPes ini telah menjuarai olimpiade sains nasional 2015. Ataupun mantan presiden kita KH. Abdurrahman Wahid dan mantan Ketua MPR RI DR. H. Hidayat Nur wahid, mereka semua juga lulusan pesantren.

Pondok Pesantren Darussalam GONTORPondok pesantren ini mungkin sudah tak asing lagi bagi kita. Ya, mendengar namanya saja kita sudah sangat familiar.

Pondok pesantren ini mungkin sudah tak asing lagi bagi kita. Ya, mendengar namanya saja kita sudah sangat familiar. Pondok Pesantren ini didirikan oleh KH Zainudin Fananie, KH Ahmad Sahal,  dan KH Imam Imam Zarkasy  pada tanggal 10 April tahun 1926 di Ponorogo.
Tiga pendiri ini disebut-sebut sebagai Trimurti. Pada awalnya Pondok Pesantren ini hanya memiliki satu wadah pendidikan yaitu Tarbiyatul Athfal (setingkat dengan taman kanak-kanak). Beberapa tahun kemudian Pondok ini mendirikan Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiah (KMI) yang setara dengan Sekolah Menengah, disusul dengan  Institut Studi Islam Darussalam (ISID).
http://gontor.ac.id/

Pondok Pesantren LangitanPondok Pesantren Langitan termasuk dalam kategori pondok pesantren terbaik

Pondok Pesantren Langitan berdiri pada tahun 1852. Pondok Pesantren ini termasuk salah satu lembaga islam tertua di indonesia. Bagaimana tidak? Pesantren ini sudah berdiri berpuluh-puluh tahun sebelum indonesia merdeka.
Lembaga pendidikan ini terletak di Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur. Luas komplek wilayah Pondok Pesantren ini kurang lebih 7 hektare dan berasa di samping areal bengawan solo. Bagi kalian yang ingin mondok dan menikmati keindahan bengawan solo, disini tempatnya :)
http://langitan.net/

Pondok Pesantren Daar El-QolamPondok Pesantren Daar El-Qolam termasuk juga dalam kategori pondok pesantren terbaik

Pondok Pesantren ini terletak di Desa Pasir Gintung Kec Jayanti Kab Tangerang-Banten. Didirikan pada tanggal 20 Januari tahun 1968. Pondok ini didirikan oleh H. Qasad Mansyur dan Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief. Sebagai pendiri, dua tokoh ini sangat terkenal dikalangan mereka.
Pada tanggal  15 Juni tahun 1997 terjadi musibah besar yang menimpa mereka, yaitu meninggalnya Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief sebagai pendiri sekaligus figur bagi pesantren ini. Musibah ini sangat menyakitkan bagi keluarga Pondok. Hingga akhirnya diamanatkan kepada  K.H. Adrian Mafatihullah Karim, Hj. Enah Huwaenah dan K.H. Drs. Ahmad Syahiduddin.
Pesantren ini juga termasuk pesantren terbesar di Banten, sampai sekarang santrinya mencapai kurang lebih 4298 orang
http://www.daarelqolam.ac.id/

Pondok Pesantren Ihya Ulumuddinpondok pesantren ihya ulumaddin termasuk dalam kategori pondok pesantren terbaik

Pondok Pesantren ini didirikan pada tanggal 24 Nopember tahun 1925. Pondok Pesantren ini terletak di Desa Kesugihan Kec. Kesugihan Kab.Cilacap. Pondok Pesantren ini juga sering disebut dengan Pondok Pesantren kesugihan. Setelah pendirinya wafat, kekuasaan Pondok Pesantren ini dialihkan kepada putranya yaitu KH Chasbulloh Badawi dan KH Ahmad Mustholih.

Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul WathonPondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathon adalah salah satu dari sekian banyak pondok pesantren terbaik yang ada

Awal mulanya, Pondok Pesantren ini berdiri atas perintah dari Syaikh Hasan Muhammad al-Masysyath (Mekkah) kepada muridnya Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Setelah 13 tahun menimba ilmu di negeri Mekkah, Muhammad Zainuddin Abdul Madjid pulang ke indonesia untuk melaksanakan perintah gurunya tersebut. Di tahun 1934 ia tiba di pulau Lombok, ia mendirikan Pondok Pesantren Al- Mujahidin.
Kemudian pada tanggal 22 agustus tahun 1937, beliau kembali mendirikan Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) yang peserta didiknya khusus untuk laki-laki. Lalu pada tanggal 15 21 April tahun 1943, ia mendirikan  madrasah Nahdlatul Banat Diniah Islamiyah (NBDI) untuk kaum perempuan.
Dua Madrasah perama yang berdiri di Pulau Lombok, dan dari dua madrasah itulah Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathon lahir.
http://www.nahdlatulwathan.org/

Pondok Pesantren Al-Mu’min

pondok pesantren Pondok Pesantren Al-Mukmin sukoharjo termasuk dalam kategori pondok pesantren terbaik
Pondok pesantren Al-Mu’min didirikan pada tahun 1974. Pendirinya dinamakan sebagai “Enam Serangkai” yaitu : Abu Bakar Ba’asyir, Abdullah Sungkar, Abdullah Baradja, Yoyok Rosywadi, Daeng Matase, Abdul Qohar H. dan Hasan Basri.
Lokasi pondok pesantren ini berada di sisi selatan terminal angkutan umum dalam kota Surakarta, lebih tepatnya di Desa Cemani, Grogol, Sukoharjo. Pada awalnya lembaga ini hanyalah lembaga Radio non-komersial dan Pengajian kekeluargaan (usrah). Namun, seiring berjalanya waktu lembaga ini berkembang hingga menjadi pesantren terbaik seperti sekarang ini

Pondok Pesantren TebuirengPondok Pesantren Tebuireng merupakan salah satu pondok pesantren terbaik di jombang

Pondok pesantren ini merupakan salah satu pesantren terbesar di Kab. Jombang. Pada tahun 1899, Pondok Pesantren ini didirikan oleh salah satu ulama terbesar yaitu KH. Hasyim Asy’arie. Disamping pelajaran ilmu syari’at, bahasa Arab dan Agama islam, pondok pesantren ini juga memasukan pelajaran umum kedalam struktur pembelajarannya.
Pesantren Tebuireng sudah sangat banyak memberikan kontribusi terhadap masyarakat indonesia. Terutama di dalam dunia pendidikan indonesia. Oleh sebab itu pesantren ini termasuk kedalam katagori pesantren terbaik.
http://www.tebuireng.net/

( Baca Juga  Artikel terkait: Luar Biasa !!! Ternyata jombang Adalah Gerbang kerajaan majapahit )

PONDOK PESANTREN CIPASUNG
 Pondok Pesantren yang didirikan pada akhir tahun 1931, itu sudah tentu keadaan Negara yang masih dalam genggaman Kolonial, sehingga tidak mengherankan apabila pada saat itu banyak sekali halangan dan rintangan menghadang, baik dari masyarakat sendiri yang mayoritas belum mengenal ajaran agama dan sedikitnya pengetahuan juga dari pihak Kolonial yang menyebabkan Alm. KH. Ruhiat harus keluar masuk penjara. Walaupun keadaan demikian beliau dengan penuh kesabaran dan ketawakalan kepada Allah subhanahu wata’ala, tidak henti-hentinya membina Pesantren ini dengan ikhlas, memberikan pendidikan dan pengajaran kepada para santri tanpa mengenal lelah siang dan malam. Awalnya santri yang menetap di Pondok Pesantren ini berjumlah kurang lebih 40 orang yang sebagian besar adalah yang ikut dari Pesantren Cilenga, tempat beliau mondok
www.cipasung.com

Pondok Pesantren DARUNNAJAHPondok Pesantren DARUNNAJAH adlah salah satu dari sekian banyak pondok pesantren terbaik yang ada

Berawal dari Madrasah Al-Islamiyah di Petunduhan Palmerah, K.H. Abdul Manaf Mukhayyar mendirikan pesantren ini. Namun, ada musibah lain yang menimpanya, pada tahun 1959 Madrasah tersebut digusur untuk perluasan komplek Olahraga Senayan. Untuk melanjutkan cita-citanya, maka ia membeli tanah di kawasan Ulujami.
Pada tahun 1960, K.H. Abdul Manaf Mukhayyar mendirikan kembali Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Islam (YKMI) yang dikemudian hari berubah menjadi lembaga pesantren. Periode inilah yang menjadi cikal bakal didirikannya pesantren.
http://darunnajah.com/

Pondok Pesantren La Tansapondok Pesantren La Tansa termasuk dalam kategori pondok pesantren terbaik

Pesantren La Tansa adalah Pesantren bercirikan modern yang berlokasi di desa Parakansantri Kec. Cipanas Kab. Lebak-Banten. Salah satu pendiri pondok pesantren Daar el-Qolam juga turut berpartisipasi dalam proses pendirian pesantren ini.
Setelah Drs. K.H. Ahmad Rifa’i Arief wafat, kepemimpinan Pesantren La Tansa  diambil alih oleh K.H. Sholeh, S.Ag, MM dan K.H. Adrian Mafatihullah Karim, MA. Pesantren ini berada dibawah naungan lembaga Yayasan La Tansa Mashiro.

Pondok Pesantren Al Khairaat Pondok Pesantren Al Khairat berdiri pada tahun 1963, yang menjadikannya masuk dalam kategori pesantren terbaik adalah paket pendidikan yang bersifat holistik

Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1963, yang menjadikannya masuk dalam kategori pesantren terbaik adalah paket pendidikan yang bersifat holistik. Pendidikan yang ia pakai merupakan okmbinasi dari Empat jenis pola pendidikan yaitu pendidikan formal, pendidikan bahasa Arab modern, kajian kitab kuning serta pendidikan tingkat madrasah diniyah. Selain itu di pondok pesantren ini juga mempunyai program tambahan yaitu Tahfidzul Qur’an.

Pesantren Lirboyo Kediri

pondok pesantren terbaik bagian dua lirboyo
4.bp.blogspot.com
Pondok pesantren yang satu ini merupakan salah satu dari Pondok pesantren tertua didunia. Bagaimana tidak? Pondok pesantren ini telah berdiri pada tahun 1910 masehi atau sekitar 1 abad yang lalu tepatnya di Kec. Mojoroto Kota Kediri-Jawa timur. Kota kediri memang disebut sebagai “kota santri”, karena saking banyaknya pesantren yang berdiri dikota ini tak terkecuali Pondok pesantren Lirboyo. Pondok pesantren Lirboyo juga sudah banyak terkenal di beberapa kalangan masyarakat.
Kata “Lirboyo” sendiri diambil dari nama sebuah desa, di desa inilah berdiri pondok pesantren yang banyak dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren Lirboyo. Berdiri nya Pondok pesantren ini diprakarsai oleh Kyai Sholeh yang berasal dari desa Banjarmelati dan di lanjutkan oleh salah satu menantinya KH. Abdul karim yang berasal dari Magelang-jawa tengah.
Http://www.lirboyo.net/

Pesantren Sidogiri Pasuruan

sidogiri.net
sidogiri.net
Pondok pesantren Sidogiri didirikan oleh Sayyid Sulaiman yang berasal dari Cirebon. Beliau termasuk dalam marga Basyaiban atau sebagai marga keturunan Rasulullah.
Ayahnya yang bernama Sayyid Abdurrahman adalah seorang perantau dari Negeri Yaman. Sedangkan ibunya yang bernama Syarifah Khodijah adalah Putri dari Sultan Hasanuddin bin Sunan Gunung jati. Bila diurutkan dari garis keturunan sang ibu, maka Sayyid Sulaiman adalah cucu dari Sunan Gunung Jati.
Sayyid Sulaiman mendirikan Pondok pesantren bersama dengan Kyai Aminullah, ada beberapa versi mengenai tahun pendiriannya. Dalam surat yang ditandatangani oleh KA Sa’doellah Nawawie tertulis bahwa pada tahun 1971 merupakan hari ulang tahun Pondok pesantren Sidogiri yang ke-226. Dari surat ini kita dapat menyimpulkan bahwa Pondok pesantren Sidogiri didirikan pada tahun 1745. Dan versi inilah yang dijadikan patokan untuk merayakan hari jadi mereka. Dengan begitu, Pondok pesantren ini juga termasuk dalam Pondok pesantren tertua.
Http://www.sidogiri.net

Pondok pesantren Musthafawiyah Sumatera Utara

i.ytimg.com
i.ytimg.com
Pondok pesantren Musthafawiyah ini biasa disebut dengan Pesantren Purba baru. Didirikan oleh Syeikh Musthafa bin Husein bin Umar Nasution Al-Mandaily pada tanggal 12 November 1912 di Desa Tanobato Kab. Mandailing Natal. Selanjutnya pada tahun 1915, Desa Tanobato ditimpa musibah. Banjir bandang yang menimpa kala itu, membuat Pondok pesantren Musthafawiyah dipindahkan ke Desa Purbabaru Kab. Kabupaten Mandailing Natal. Dari desa itulah sebutan Pondok pesantren “Purba baru” muncul.
Syeikh Musthafa bin Husein, pernah belajar mengenai ilmu agama selama 13 tahun di kota Makkah. Lalu beliau wafat pada tahun 1955. Ketika itu, kepemimpinan pesantren dialihkan putra sulung nya yaitu H. Abdullah Musthafa.

Pondok Pesantren Al-fatah temboro

Pondok pesantren terbaik bagian 2
3.bp.blogspot. com
Pondok pesantren ini terletak di Desa Temboro Kec. Karas, Kab. Magetan-Jawa Timur. Pondok pesantren ini didirikan tanggal 1 Mei 1938 oleh KH. Sarbun Sidik (biasa dikenal sebagai Mbah sidik atau H. Sidik). Pada mulanya, beliau hanya membangun sebuah mushallah kecil yang sekarang berkembang menjadi masjid komplek Tahfidz Al-fatah. Hingga sekarang masjid ini dijadikan pusat seluruh kegiatan di Pondok pesantren Al-fatah temboro seperti musyawarah program, kegiatan-kegiatan, serta kegiatan evaluasi aktifitas pondok. Bila anda datang kesini, maka anda akan mendapati masjid yang tidak pernah berhenti dari lantunan Al-qur’an setiap harinya.
https://www.facebook.com/alfatah.temboro

( Baca Juga : Keterkaitan Antara Santri Dan Moral , Santri harus jadi panutan )

Pondok pesantren Nurul Jadid probolinggo

pondok pesantren terbaik bagian 2
smpnuruljadid.sch.id
Pondok pesantren Nurul Jadid didirikan pada tahun 1950 oleh seorang kyai bernama KH. Zaini Munim di Desa Karanganyar Kec. Paiton Kab. Probolinggo-Jawa timur. Pada awalnya KH. Zaini Munim datang ke desa karanganyar bukan untuk mendirikan Pondok Pesantren, melainkan beliau datang kemari untuk mengisolir diri dari kekejaman dan keserakahan kolonial belanda. Namun, isyarat dari KH. Hasan Sepuh Genggong membuat beliau membuka mata. Suatu hari ketika KH. Hasan Sepuh Genggong melewati desa Karanganyar untuk mendatangi sebuah pengajian, beliau berkata “Di masa yang akan datang, seandainya jika ada kiai atau ulama yang berniat untuk mendirikan Pondok Pesantren di desa ini (Desa Karanganyar) maka pondok pesantrem tersebut insyaallah kelak akan menjadi pondok pesantren yang besar, santri-santrinyapun akan melebihi santri saya”.
Http://www.nuruljadid.net/

PONDOK PESANTREN AL-AQOBAH JOMBANG

  • Pendidikan Formal Dengan sistem Full Day School, pada pendidikan formal dikonsentrasikan untuk menuntaskan target ketercapaian kurikulum formal (kurikulum nasional dan takhasus). Kompetensi unggulan untuk sekolah SMP-SMA Islam Terpadu siswa diharapkan ahli sains atau IPA yang berwawasan global dan berkepribadian Islami. Dan Kompetensi unggulan untuk MTs dan Aliyah Terpadu siswa diharapkan ahli agama yang berwawasan global dengan kepribadian Islami. Paket pendidikan tersebut diharapkan berkelanjutan dalam masa 6 tahun
  • Pendidikan Pesantren
    Diluar jam sekolah bagi siswa yang bertempat tinggal di pesantren Al-Aqobah, diberikan pendidikan dan pembinaan dan pengawasan sepanjang waktu dengan konsentrasi pembelajaran keilmuan agama melalui Madrasah Tahasus Diniyah (Kelas Ula, Wustho dan Ulya) serta pembinaan ubudiyah, bahasa asing, kepribadian dan kemasyarakatan.
    www.aqobah.wordpress.com
Baca juga :
Rakyat Indonesia harus Tau !! Indonesia Utang 4.234 Triliun , Jembatan Masih Gini !! Ngeri ...  
 

51 comments:

  1. Mungkin bisa ditambahkan pondok pesantren Qomaruddin disampurnan bunga gresik ponpes tertua digresik

    ReplyDelete
  2. Tanpa mengurangi hormat,Hendaknya lebih selektif tidak hanya dikawasan jawa....di blog ini cuma satu yang dr luar jawa

    ReplyDelete
  3. Tanpa mengurangi hormat,Hendaknya lebih selektif tidak hanya dikawasan jawa....di blog ini cuma satu yang dr luar jawa

    ReplyDelete
  4. Mohon maaf maaf klu survei jgn cma d jawa msh banyan pondok tertua Dan jga kharismatik

    ReplyDelete
  5. yap..btul sekali...survei jgn hnya di jawa saja....luar jawa jugak..sperti medan misalnya.... pondok pesantren ar raudhatul hasanah....ia merupkan pondok terbesar di sumatera utara...

    ReplyDelete
  6. yap..btul sekali...survei jgn hnya di jawa saja....luar jawa jugak..sperti medan misalnya.... pondok pesantren ar raudhatul hasanah....ia merupkan pondok terbesar di sumatera utara...

    ReplyDelete
  7. Mungkin perlu ditambahkan Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo yang telah berdiri sejak 1961..tokoh yg pernah myantri d pondok ini seperti Hidayat nurwahid (wk ktua MPR) wkl menlu RI Fachir..

    ReplyDelete
  8. Pondok pesantren salafiyah syafiiyah sukorejo Situbondo jawa timur sdh berusia 100 tahun lebih, santrinya puluhan ribu, lembaga pendiikannya lengkap, mulai tingkat dasar hingga pasca sarjana, bahkan ada lembaga kader ahli fiqih (ma'had aly) dan tahfizdul quran... kenapa tdk termasuk di dalamnya...

    ReplyDelete
  9. Judulnya kirang tepat, sedanten pondok pesantren niku sae,sami" asale ilmu saking kanjeng nabi muhammad SAW.sami ilmune,lan lintune..
    Mugi" saget ndamel artikel kumpulan pesantren indonesia sekalian.. banyak yang belum kita ketahui bersama...

    ReplyDelete
  10. tampa mengurangi rasa ta'dzim dan hormat kami. ada salah satu pesantren modern di kab.bogor yang masih berumur jagung. pesantren ini di dirikan oleh K.H Helmy Abdul Mubin.Lc pada tahun 1993.meskipun terhitung pesantren muda.pesantren ini sudah banyak mengeluarkan alumni yg berbakti di seluruh indonesia bahkan dunia. Pesantren Modern Ummul Quro Al-İslami pesantren terbaik di bogor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas .. kebetulan saya orang Bogor Parungpanjang ... tanpa mengurangi rasa hormat saya ... Namun survei ini berdasrkan pertimbangan banyak netizen .. dan masyarakat ... terimakasih sudah mampir

      Delete
  11. informasi yang sangat bermanfaat, namun ada baiknya dirinci juga tolak ukurnya apa saja, metode penelitaannya apa, supaya benar-benar bisa jadi rujukan (Ali Muhsin Siregar 'PENERJEMAH RESMI TERSUMPAH # Hp.0812 1954 9144)

    ReplyDelete
  12. RALAT :
    ada satu lagi Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang juga banyak melahirkan ulama dan orang-orang sukses dunia akhirat lho.....

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum .. Mohon maaf untuk semuanya .. karena keterbatasan sumber .. yah hnya ini yg bisa saya kembangkan .. namun tanpa mengurangi rasa hormat .. ini di survei dilebih dari 100 web ternama .. terimakasih atas kunjunganya .. kalau ada apa2 boleh diinbox saja ..

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Kayaknya kriteria yg dibuat tdk standar.
    Msh banyak pesantren lain yg punya reputasi tdk disebut.
    Mungkin perlu ada klasifikasi baik dlm aspek apa

    ReplyDelete
  16. Kayaknya yg dinilai dari sisi infrastruktur dan kwantitas santrinya. Pondok beda dgn perusahaan apalagi hotel atau penginapan. Pondok lebih fokus pada urusan akhlaq daripada show force knowledge. Ia pabrik ulama akhirat bukan sekedar pejabat tinggi ataupun pengusaha

    ReplyDelete
  17. Pondok Pesantren AL-IRSYAD Tengaran. SALATIGA jg bagus..

    ReplyDelete
  18. Pondok Pesantren AL-IRSYAD Tengaran. SALATIGA jg bagus..

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah semuanya bagus dan mempunyai tujuan yang sama yaitu mardotillah itu yang paling utama :)

    ReplyDelete
  20. Insyaallah semunya baik Yang tidak masuk baik Yang masuk juga baik

    ReplyDelete
  21. Mungkin judulnya yang perlu dirubah misal 11 Pesantren yang dapat dijadikan Tujuan, karena dengan judul di atas seola olah hanya ada 11 pesantren terbaik sementara data yang diambil hanya berdasarkab website, kecuali admin mengambil data lengkap masing masing pesantren yang ada di Indonesia, secara lengkap mulai dari kurikulum dan hal hal terkait dengab kepesantrenan, terus kriterianya juga harus jelas

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah banyak yang perhatian terhadap ponpes....mungkin sebaiknya admin menampilkan ponpes yang memiliki ciri khas yang menonjol agar para orang tua bisa dijadikan rujukan.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah banyak yang perhatian terhadap ponpes....mungkin sebaiknya admin menampilkan ponpes yang memiliki ciri khas yang menonjol agar para orang tua bisa dijadikan rujukan.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah Pesantrenku masuk dalam pondok pesantren terbaik di Indonesia. Aku senang, bahagia, karena pernah berprestasi di pesantren ini

    ReplyDelete
  25. Madinatunnajah Kalimukti Pabedilan Cirebon Jawabarat Indonesia juga Bisa...
    Apalagi Ada Ekskul Multimedia & Stand Up Comedy-nya...!!!!
    Pkoknya Kece Banget Dahhhhh.............

    ReplyDelete
  26. Rasanya kurang arif jikalau pesantren dijadikan sebagai sebuah objek survei untuk dinilai dan dibanding-bandingkan.
    Tiada pesantren yang tidak baik, semua pesantren baik, yang tidak baik yang tidak suka pada pesantren. Jadi semua pesantren itu baik, janganlah menjadikan pesantren sebagai sebuah permainan survei. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Gus Dur itu pernah nyantri dan menjadi guru di tambakberas jombang. Dan akhirnya menemukan tambatan hati juga seorang santri tambakberas. Yaitu bu sinta nuriyah. Tanpa mengurangi rasa ta'dhim .... ngapunten.

    ReplyDelete
  28. Gus Dur itu pernah nyantri dan menjadi guru di tambakberas jombang. Dan akhirnya menemukan tambatan hati juga seorang santri tambakberas. Yaitu bu sinta nuriyah. Tanpa mengurangi rasa ta'dhim .... ngapunten.

    ReplyDelete
  29. Insya Allah semuanya baik,,,,, terima kasih infonya ya
    http://terkininya.blogspot.co.id/2016/02/5-hal-yang-perlu-kamu-lakukan-sebelum.html?m=0

    ReplyDelete
  30. Tanpa mengurangi rasa hormat..pondok pesantren itulah yg terbaik(universal)

    ReplyDelete
  31. tegalrejo ngga ada ya padahal santri2nya jadi panutan pho

    ReplyDelete
  32. thank's infonya ,namun senada dg sdri Nurul Azizatulhaq, PONPES AN-NUQAYAH GULUK-GULUK -SUMENEP-MADURA, perlu dicek brp puluh ribu santrinya, th berdiri, para pendiri dan pengasuh serta alumni2nya,, untuk bisa menjadi tambahan referensi,,,

    ReplyDelete
  33. Bnr agar jangan kontroversial judulnya yang perlu dirubah, dasar penilaian bukan dari bnyny posting tentang pndok x, itu blm bisa dijadikan sbgai bhn survei,, survei ya kelapangan, saya pikir akan lebih tepat ketika diganti dengan 11 pondok pesantren yang bisa dijadikan referensi anda, atau sjnisnya,.. krn masih bnyk pesantren2 besar, dan berkualitas serta tua dri segi umur yg blm dsbutkan, terbaik kriterianya apa, kan prlu dijelaskan,,

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Pondok Pesantren Walibarokah Burengan Banjaran Kediri juga bagus

    ReplyDelete
  36. Seharusnya Pesantren Diniyah Putri dan Pesantren Sumatera Thawallib di Padangpanjang Sumatera Barat juga harus dimasukkan. Pendiri pesantren Gontor adalah alumni Thawalib Padangpanjang. Santri2 yg ada menuntut ilmu di Padangpanjang tidk hanya orang Indonesia, tetapi juga ada yang dari Malaysia. Aneh kalau tidak dimasukkan

    ReplyDelete
  37. Benar , ada Ponpes PSKQ ponpes seni kaligrafi pertama dan terbesar di Asia Tenggara , terletak di kudus jateng ..

    ReplyDelete
  38. Benar , ada Ponpes PSKQ ponpes seni kaligrafi pertama dan terbesar di Asia Tenggara , terletak di kudus jateng ..

    ReplyDelete
  39. Emang benar itu pondok² besar yang bisa di percaya
    Tapi di kediri ada pondok yang lebih tua dari pondok lirboyo ya itu pondok petuk yang di dirikan oleh kiayi ikhsan, dan baru berkembang secara pesat setelah peneeus yang ke 3 yang mengasuh pobdok tersebut
    Ya itu kyai ahmad yasin asymuni
    Lokasi pondok ada di selatan terminal baru kediri kira² 5 kilo dari terminal

    ReplyDelete
  40. Emang benar itu pondok² besar yang bisa di percaya
    Tapi di kediri ada pondok yang lebih tua dari pondok lirboyo ya itu pondok petuk yang di dirikan oleh kiayi ikhsan, dan baru berkembang secara pesat setelah peneeus yang ke 3 yang mengasuh pobdok tersebut
    Ya itu kyai ahmad yasin asymuni
    Lokasi pondok ada di selatan terminal baru kediri kira² 5 kilo dari terminal

    ReplyDelete
  41. Emang benar itu pondok² besar yang bisa di percaya
    Tapi di kediri ada pondok yang lebih tua dari pondok lirboyo ya itu pondok petuk yang di dirikan oleh kiayi ikhsan, dan baru berkembang secara pesat setelah peneeus yang ke 3 yang mengasuh pobdok tersebut
    Ya itu kyai ahmad yasin asymuni
    Lokasi pondok ada di selatan terminal baru kediri kira² 5 kilo dari terminal

    ReplyDelete
  42. ooohh begituuuu yaaa ..... kok bisa ya...

    ReplyDelete
  43. Al-falah Ploso kediri lo gk masuk, padahal Al-falah pesantren yg sangat menjaga kesalafiyahannya sejak berdiri sampai sekarang dengan lebih menekankan pengajian kitab kuning dan mengedepankan AKHLAK (الأدب فوق العلم) banyak kyai² pengasuh² pesantren lulusan dari sana, santrinya juga ribuan, kegiatan full super disiplin.
    Pokoe sing penting ngaji nderek kyai

    ReplyDelete
  44. pemeringkatan yang subyektif, nggak jelas kriterianya

    ReplyDelete
  45. Alhamdulillah... Mudah2an Makin maju Indonesia dgn adanya pesantren, yang menjadi tempatnya calon 'alim 'ulama yg akan menjadikan indonesia Baldatun Toyyibatun wa robbun gofur.
    Terhaturkan untuk pondok2 yg menjadikan saya mengerti akan ilmu2 agama dan kehidupan : PonPes Darul Falah cihampelas Bandung Barat (KH Asep Burhanuddin (Rois 'am NU),PonPEs Baitul Arqam Al-Islami Pacet Bandung ( mama KH Muhammad Faqih, KH 'Ubaidillah, KH sofwan, KH Ali Imran, KH YUsuf salim), Darul Mutaamilin cikalong Cidahu Sukabumi ( KH Aang Encun Syamsuddin),PonPes Pasir Bokor mangkubumi tasikmalaya {KH Anas Ajjarnuzi),PonPes Fathul Mu'in cilenyi Bandung ( KH Uus Usman)

    ReplyDelete
  46. tak usahlah dikasih beginian.. malah menjadi sekat bagi pondok2 lain yg tak tercantum di atas.. Semua pondok bagus..

    ReplyDelete
  47. Mungkin yg membuat ini sudah punya standar penilaian nya hanya tidak/ blm dibeberkan apa saja yg menjadikan ponpes diatas dinyatakan baik.doakan saja semoga semua ponpes dindonesia dapat menjadi salah satu wadah untuk menciptakan generasi yg cerdas religius.

    ReplyDelete
  48. Semuanya baik... Yang penting ngaji syawir apalan lalaran solat jamaah nganti istiqomah #andalan pondok pesantren

    ReplyDelete
  49. Semuanya baik... Yang penting ngaji syawir apalan lalaran solat jamaah nganti istiqomah #andalan pondok pesantren

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Tips & Trik Terbaru !!